Kamis, 19 November 2009

Menghitung besar asli dari kapasitas harddisk

Sebenarnya karena ada pertanyaan dari teman2, mulai deh q cari2 gimana untuk menghitung besar asli dari kapasitas harddisk. Saya ambil contoh satu vendor, sebut aja X. Nah, vendor X ini punya harddisk dengan ukuran 160GB. Loh? Pas di format kok ga sampe 160GB? Ada apa nih? Harddisknya rusak? Atau saya yang salah install?

Enggak kok, bukan gitu cara menghitungnya. Saya mau coba kasih contoh hitungan yang simple banget untuk di mengerti dan di hitung. Saya ambil harddisk dari vendor X yang berkapasitas 160GB. Nah, kenapa waktu di format kok hanya nampil 14x GB?

Pada dasarnya, hitungannya adalah seperti ini :

1 GB = 1024 Mb
1 MB = 1024 Kb
1 Kb = 1024 b

Nah, sekarang saya akan coba berikan cara berhitungnya. Convert dulu ukuran harddisk kita dalam bytes, yang tadinya 160GB berarti sekarang menjadi 160.000.000.000 bytes.

Sekarang setelah di convert ke dalam satuan bytes, bagi dengan tingkat bytesnya. Seperti yang saya tulis di atas. Jadi proses hitungnya adalah sebagai berikut :
160.000.000.000 bytes / 1024 / 1024 / 1024 = 149,x Gbytes


Ga selalu 149,x Gbytes, tergantung tiap2 vendor juga. Tapi untuk selisih ukurannya sih ga terlalu jauh, range-nya juga hampir sama dengan perhitungan di atas.

Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer.
Persamaan untuk menghitung kapasitas hard disk drive :

Capacity data = (Cylinder * Sector * Head ) * 512

Sekarang ga usah bingung lagi masalah hitungan harddisknya ga tepat dengan yang ada di sticker belakang harddisk atau info dari hdd yang bersangkutan. Semoga info ini berguna.

0 komentar:

Posting Komentar