Sabtu, 05 Desember 2009

Microsoft Klaim Malware Sebabkan Black Screen Windows


Beberapa pengguna system operasi Microsoft Windows telah mengomplain adanya Black Screen of Death ketika mereka masuk ke dalam system. Diyakini bahwa error tersebut disebabkan oleh update keamanan oleh Microsoft. Namun, bagaimanapun Microsoft menolak hal tersebut.

Menurut vendor keamanan Inggris, Prevx juga mengkonfirmasi bahwa beberapa user telah menghadapi layar hitam (Black Screen of Death) setelah login. Juga ditemukan adanya perubahan dalam registry HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Shell. Microsoft yang kemudian menyelidiki update keamanannya di bulan November, lalu menolak jika dikatakan update tersebut tidak akurat.

Dalam Microsoft Security Response Center, Microsoft menjelaskan bahwa dalam update tersebut juga sekaligus mengubah permissions di registry yang menghasilkan persoalan system untuk beberapa user. Setelah diselidiki, Microsoft kemudian memberikan update keamanan yang sudah bersih.

“Oleh karena laporan tersebut tidak berasal dari kami, maka kami tidak tahu apa yang sebenarnya menyebabkan black screen tersebut. Namun, setelah kami selidiki lebih lanjut, kami tahu bahwa black screen tersebut bisa dikarenakan beberapa malware seperti Daonol.” ungkap Microsoft. Untuk itu, Prevx kemudian meminta maaf karena menyebutkan penyebab yang salah atas masalah tersebut yakni karena perubahan dalam masukan registry.

0 komentar:

Posting Komentar